Sabtu, 15 Agustus 2015

Rute Patak Banteng Menjadi berada pada puncak Gunung Prau

Jalur pendakian Patak Banteng jadi favorit semua pendaki demi menuju Puncak Gunung Prau, Jawa Tengah. Kemudahan akses, fasilitas, dengan rute yang tidak terlalu berat jadi alasan untuk mendaki melewati rute itu dibanding jalur lain.

"Pendaki sangat sangat banyak mengakses rute Patak Banteng dibandingkan jalur Kenjuran, Dieng. Rute tersebut paling dekat dengan puncak," ucap Bendahara Yayasan Konservasi Gunung Paulus Nugrahajati saat dihubungi KompasTravel di Wonosobo, Jawa Tengah, Selasa (11/8/2015).

Paulus membicarakan untuk menempuh jalur Patak Banteng, pendaki cukup menempuh jarak satu kota empat kilometer atau jikalau ditarik garis lurus hanya berjarak 600 meter. Pendaki dalam Gunung Prau, jelas dia, mampu langsung tiba pada area Puncak Gunung Prau dibandingkan jalur lain.

"Itu empat jam sudah cara tenang juga beristirahat. Apabila dalam jalur lain, ada pada Dieng dengan Kenjuran," ucapnya

Demi akses transportasi ke titik pendakian Patak Banteng, Paulus menuturkan pendaki bisa menelusuri dari kota seperti Wonosobo. Alasan tersebut dengan diwartakan tapi salah satu pendaki yang telah mengunjungi Gunung Prau dari Jakarta.

"Waktu menuju Prau, pilih jalur itu (Patak Banteng) dikarenakan jarak tempuhnya makin pendek ya walaupun tanjakannya curam," ungkap Gigih Indra pada pesan pada Facebook kepada KompasTravel di Jakarta, Selasa (11/8/2015).

Saat ia mendaki, perjalanan dari titik semula Patak Banteng sesudah area puncak Prau ditempuh pada keadaan 3 jam. Gigih mengaku memilih jalur itu dikarenakan terdapat parkir yang berhasil menampung kendaraan.

Gunung Prau terletak dalam kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Gunung tersebut mempunyai ketinggian 2.565 meter di melawan belahan laut (mdpl). Gunung Prau bisa didaki menempuh tiga jalur adalah Kenjurang, Patak Banteng, serta Dieng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar